Pasar Senen - Whole New Shopping Experience

Let's talk about fashion and shopping just a little bit :)

Berhubung gue dapet jatah libur seminggu (thanks to all 12 graders ;)) jadi Rabu kemaren gue mengadakan "reuni" kecil-kecilan sama sahabat gue dari SMP, Grace dan Cika. Gue sama mereka udah ngerencanain dari lama banget buat pergi belanja baju ke Senen. Bisa jadi udah dari Desember 2011, tapi ya seperti biasa kalo gue udah berencana dari jauh, gabakal jalan. Akhirnya dengan mengerahkan segala waktu yang ada, melawan setiap bentuk kemageran, kita ber-3 jalan ke Senen naik taksi.

Kenapa Senen? Well, Senen itu adalah alternatif belanja baju kalo lo cuma mau nambah warna atau model aja (yang pasti vintage) paling murah sejagad raya ketimbang lo nungguin diskon di Mall atau menelusuri setiap toko baju di Mall. Kalo di mall harga baju diskonan 60ribu, maka di Senen lo udah bisa mendapatkan 6 baju sendiri dengan model yang unik, bukan baju Mall. Amazeballs.

Mungkin banyak juga yang tau kalo baju yang dijual di Senen itu, ehm. Baju bekas. Awalnya gue juga jijay. Apalagi gue kadang suka sok bersih, masih ngga ngebayang gue harus memilih baju-baju bekas trus membawa mereka pulang dan menyelipkannya di lemari gue bersama baju-baju lain yang....gapernah bekas.

Jujur itu kali pertama gue menginjakkan kaki di Senen dan nampaknya udah kedua atau kesekiannya lah buat 2 temen gue. Jadi sementara gue berusaha beradaptasi dengan "lingkungan" yang ada, temen-temen gue udah mulai merayapi setiap toko dengan sinar mata excited. Sementara gue ngekor dibelakang aja. Gue sendiri awalnya risih ngeliat mereka sibuk menggerayangi hanger-hanger yang menggantung baju yang udah.....kusut. Memperkuat status mereka sebagai baju bekas. Gue syok. Gatau kalo sampe separah ini. Bener-bener kusut, kaya abis dicuci, peres, gadisetrika langsung main gantung trus jual.

Tapi, atmosfer Senen yang menjual berbagai macem baju tas da sepatu Vintage yang beneran Vintage, bukan Vintage ala Mall, bikin gue terpesona juga. Apalagi ngeliat si Cika sama Grace semangat banget belanja, bikin gue mulai semangat menggerayangi setiap toko, menggeser setiap hanger buat menemukan baju yang bagus. Kalo di Senen section yang jual baju emang cuma disatu lantai itu aja, tapi jalannya rada belok-belok, banyak yang nyusup-nyusup dan luas. Jadi harus keliling capek-capek.

Enaknya belanja sama temen yang punya selera baju rada sama (bukan selera baju bekas maksudnya) adalah lo bisa mempunyai pendapat jujur tentang pilihan lo, jadi lo bisa memutuskan buat beli atau engga. Karena kadang gara-gara harganya yang super cheap, kita jadi rakus padahal belom tentu Vintage yang kita pilih itu bagus. Tapi nggak enaknya, lo rebutan :') kayak gue ber-3 kemaren. Kalo satu nemu baju bagus, yang lain ngiler, trus dia mulai goyah padahal pilihan dia cukup oke, langsung kita samber bajunya. Bener-bener barbar, ya.

Gak cuma baju. Senen juga menjual tas-tas kulit yang lumayan oke dengan model yang nggak biasa. Jelas harganya tetap berkisar mulai dari goceng atau ceban bisa kurang. Mereka juga jual banyak sepatu tapi gue sih nggak menyarankan beli sepatu diitu karena agak kurang oke modelnya.

In the end, perjalanan belanja gue sambil diiringi kompilasi lagu Radja yang bergema keseluruh pasar harus berakhir karena sorenya kita ber-3 punya acara masing-masing. Well karena selera gue nggak Vintage-vintage amat, jadi gue nggak ngeborong sebanyak Grace sama Cika. Soalnya gue emang ganapsu sama rok-rok panjang, ata dress-dress panjang. Gue lebih suka yang pendek diatas lutut. Dan saat itu gue emang lagi napsunya sama cropped-top. Dan ngga ada yang jual :') But that's fine. Pegel, pinggang sakit, bau, terbayar semua karena emang gue menemukan beberapa stuffs yang bener-bener gue suka dengan harga sangat murah, dan yang pastinya ngga kebayar adalah pengalaman belanja itu sendiri. No, I'm not a shopaholic. Tapi cewe mana sih yang gasuka belanja? Hmmmm nyaris gaada kan?

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan kalo lo mau belanja di Senen (bedasarkan pengalaman):

  1. Senen adalah surganya barang Vintage. Jadi kalo lo ngga suka Vintage, tempat ini nggak cocok lo datangi.
  2. Isi perut sebelom belanja. Gue merekomendasikan lo makan di Atrium, baru nyebrang ke Senen.
  3. Bawa mineral water kalo bisa dari rumah atau beli pas makan karena lo pasti dehidrasi berat.
  4. Tampilah sederhana dan nyaman. Pake baju sederhana, kaos celana cukup, gue saranin sih kaos legging biar gampang nyoba baju, dan ga di PHP-in sama baju itu karena disana gaada fitting room dan gaada ukuran dan gabisa tuker. Selain itu semakin gembel dandanan lo, mereka bisa lebih ngasih harga murah sama lo apalagi kalo mereka tau lo anak sekolah. So school uniform is also recommended :) pake sepatu atau sendal yang nyaman biar jalan juga enak
  5. Jangan bawa barang berharga kayak iPod, hape, mending tinggal dirumah. Karena disana rawan maling.
  6. Bawa duit pecahan kayak cebanan, goceng, 20an. jangan bawa kebanyakan goban apalagi seratus ribuan karena pasti gaada kembalian atau ada tapi dituker mulu. Lama dan repot kan? Inget, harganya berkisar dari 5ribu jadi gabakal guna lo ngasih goban.
  7. Maulah mencari, berkeliling, sampe mblusuk-mblusukin tangan, geser-geser hanger, kalo perlu acak-acak tokonya. Karena barang bagus di Senen adalah tak kasat mata. Bisa jadi dia di toko yang belokannya belom lo telusuri, atau dia berada dibalik baju yang barusan lo coba. Bisa jadi tas keren itu ada di bawah tumpukan tas-tas lain. So, harus mau keliling trus acak-acakin aja tokonya toh penjualnya gaakan keberatan.
  8. Pintarlah menawar. Salah satu strategi terbaik adalah pasang tampang sedih waktu penjual nyebutin harga pertama kali walaupun itu gamahal. Tapi kalo udah nyampe di Senen, 25ribu untuk penawaran pertama adalah SANGAT MAHAL. Kedua adalah pura-pura pergi. Ini selalu berhasil kapanpun dan dimanapun. Inget! Begitu dipanggil sebut harga terkecil yang ada di pikiran lo! Mereka bakal langsung bilang "Yaudah deeeeeeeeh" dengan muka asem tapi voila! You got your stuff right away baby :)
  9. Bawa tas gede atau kantong sendiri biar ga ribet. Karena belanjaan lo di Senen bakal diperlakukan kayak pisang goreng, masuk kantong plastik item. Biar ga nenteng sana sini, bawa aja tas gede atau shopping bag gede sendiri.
  10. Senen menjual barang Vintage yang bekas dan mereka kadang bau. Another warning. Gaselamanya baju bekas di Senen itu keliatan bekasnya. Kadang mereka bisa terlihat baru. Waktu lo pilih, bener-bener cermati. Jangan sampe ada yang rusak, kancingnya copot, atau keteknya kuning. Pilih baju yang emang cocok sama lo, at least yang lo suka. Karena walaupun murah sayang banget kalo ternyata mereka gabisa dipakai sama koleksi lemari lo. Dan mereka bau, jadi sampe rumah harus lo cuci. Gue sih prefer laudry B)
Ta-da! Follow those easy weezy tips and you're ready to shop! Senen - Shop like a Boss *promosi. cocok buat jadi tag-line pasar Senen*
Salah satu bukti pencarian yang nggak sia-sia <3

Komentar

  1. Kami menawarkan Pakaian Bekas Import luar Negeri, dari Cina, Korea, Guangzou, Jepang, Singapura dll. Kami menyediakan berbagai macam Bal / Karung Pakaian Bekas Import baik yg masih mentah ( Bal Segel ) maupun Bal Sortier .Berikut Daftar Harga Bal Segel Kami :

    Bale Campur besar (isi+-600) Rp. 4.000.000 Bale Super Dress (isi +- 700 pcs) Rp. 4.000.000
    Bale Dress Butik Rp. 7.500.000
    Bale Super Butik (500-550) pcs Rp. 4.500.000
    Bale Blouse Butik isi 500-600 pcs Rp. 4.300.000
    Bale Super Butik Blouse 500-600 pcs Rp. 4.500.000
    Bale Anak Super 700-+ Rp. 4.100.000
    Bale Super Butik 700-+ Rp. 7.300.000
    Bale Jaket Anak Campur (katun,parasut,canvas) Rp. 2.700.000
    Bale Jeans Campur Cowok Cewek Super Rp.4.200.000
    Bale Jaket Jeans Campur Cewek Cowok Rp. 4.000.000
    Bale Kemeja Flanel Rp. 4.000.000(Japan)/ Rp. 4.300.000(Korea)
    Untuk pemesanan hub (085779141852) kami berdomisili di Jakarta

    BalasHapus

Posting Komentar